Informasi Tentang Mina

Mina adalah sebuah lembah di padang pasir yang terletak sekitar 5 kilometer dari kota Mekkah, Arab Saudi. Mina paling dikenal sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan lontar jumrah dalam ibadah haji tahunan, yang berlangsung sejak matahari terbit hingga terbenam pada hari terakhir ibadah haji.

Tenda-tenda berwarna putih di kawasan Mina yang dari kejauhan tampak bagaikan hamparan jamur mampu menampung jutaan jemaah calon haji yang berdatangan dari berbagai penjuru dunia untuk menunaikan rukun Islam kelima itu. Dilapisi bahan teflon tenda-tenda tersebut mampu menahan panas api sampai dengan suhu 700 derajat Celcius.

Dengan luas sekitar 650 hektar, kontur daratan Mina berupa hamparan padang pasir diselang-selingi lembah kering dan bukit-bukit berbatu, terletak di antara Kota Suci Mekah dan Muzdalifah (berjarak sekitar 20Km).

Mina oleh bangsa Arab disebut Muna atau Pengharapan, meriwayatkan saat Nabi Adam dibisiki mengenai harapan bertemu dengan Siti Hawa yang berpisah selama 200 tahun setelah keduanya diusir dari Taman Firdaus karena melanggar larangan Allah memakan buah Qulbi.

Sejumlah lokasi penting berada di Mina seperti jamarat (tempat melontar batu di tiga jumrah), mesjid bersejarah Al-Khaif, juga rumah sakit yang disiapkan bagi jemaah calon haji yang perlu dirawat saat melakukan ritual haji di Mina.

Di dekat jamarat juga terdapat Mesjid Al-Baiat, tempat Nabi Muhammad dibaiat oleh kaum Ansor sebagai warga setempat. Konon bangunan mesjid itu pernah terpendam di tanah dan baru ditemukan lagi setelah sebuah buldozer terantuk bangunan mesjid saat kawasan itu akan ditata kembali.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*