Istilah Dalam Haji dan Umroh Istilah Ihram

Haji adalah rukun (tiang agama) Islam yang kelima setelah syahadat, shalat, zakat dan puasa. Orang yang melaksanakan ibadah Haji dan Hajinya bisa Mabrur maka balasannya adalah syurga. Untuk bisa menjadi Haji Mabrur maka kita harus mengetahui ilmu tentang manasik haji. Didalam ibadah haji atau umroh banyak sekali istilah-istilah yang akan dijumpai. Berikut ini kami akan mengulas beberapa istilah dalam ibadah haji dan umroh. Untuk yang pertama adalah istilah Ihram.

Pakaian ihram adalah pakaian khusus yang digunakan setiap orang yang akan melaksanakan ibadah haji maupun umrah. Untuk jamaah laki-laki pakaian ihram terdiri dari dua potong atau dua helai kain terbuat dari bahan sejenis handuk berwarna putih dan antara satu sisi dengan sisi yang lain tidak ada jahitan.

Cara Memakai Pakaian Ihram

Cara Memakai Pakaian Ihram

Berikut ini contoh pakaian ihram untuk jamaah laki-laki.

Cara Memakai Pakaian Ihram

Cara Memakai Pakaian Ihram

Pakaian Ihram bagi jamaah laki-laki saat melaksanakan shalat, baik shalat sunnah maupun shalat wajib, kedua bahu harus tertutup.

Cara Memakai Pakaian Ihram Saat Sholat

Cara Memakai Pakaian Ihram Saat Sholat

Pakaian ihram untuk jamaah wanita adalah pakaian dengan bentuk dan jahitan seperti yang lazim dipakai kaum muslimat sehari-hari yang menutupi semua aurat kecuali wajah dan telapak tangan. Warna pakaian ihraam bagi jamaah perempuan disunahkan berwarna putih.

Cara Memakai Pakaian Ihram Wanita

Cara Memakai Pakaian Ihram Wanita

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*