Aturan Jamaah Umroh Asing Masa Pandemi Covid 19

Pemerintah Arab Saudi merilis aturan bagi jamaah umroh asing atau dari luar negeri. Selain usia dibatasi dari 18 sampai 50 tahun, jamaah umroh juga melakukan karantina mandiri sebelum melaksanakan ibadah. Para jamaah diwajibkan karantina diri selama 3 hari.

Aturan Jamaah Umroh masa Pandemi Covid
Suasana Thawaf sejak dibukanya ibadah umroh bagi warga asing.

Jamaah umroh asing yang sampai di Arab tidak diperbolehkan langsung menggunakan kain ihram. Mereka harus terlebih dahulu karantina mandiri 3 hari di hotel. Setelah itu para jamaah bisa mengambil miqat terdekat dan menggunakan kain ihram di dekat Mekkah. Nantinya, mereka akan diantar oleh perusahaan umroh yang telah mengatur.

Pihak yang bertanggung jawab menentukan jamaah umroh asing adalah Saudi Center for Disease Prevention and Control (Weqaya). Mereka akan mengawasi situasi pandemi di setiap negara sebelum para jamaah tiba. Weqaya akan menentukan negara mana yang dapat mengirim jamaah haji tergantung dari jumlah infeksi. Perusahaan umroh akan diberikan informasi secara rutin.

Seperti yang telah dipublikasikan, bahwa Arab Saudi mulai tanggal 1 Nopember 2020 memperbolehkan ibadah umroh untuk waga asing. Diperkirakan akan ada 20 ribu jamaah yang akan melaksanakan umroh di waktu tersebut dengan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*