Mulai 1 Nopember 2020, Arab Saudi Buka Kembali Jamaah Umroh

Pemerintah Arab Saudi akhirnya membuka kembali kesempatan ibadah umroh bagi jamaah dari luar negara Saudi. Kebijakan dibukanya ibadah umroh mulai berlaku hari Minggu tanggal 1 Nopember 2020. Seperti kita ketahui, Arab Saudi menerapkan kebijakan menutup ibadah umroh bagi jamaah di luar Saudi sejak tanggal 27 Februari akibat pandemi COVID-19.

Arab Saudi Buka Kembali Jamaah Umroh
Arab Saudi Buka Kembali Jamaah Umroh

Salah satu negara yang diperbolehkan mengirimkan jamaahnya untuk ibadah umroh adalaha Indonesia. Walau punya kesempatan berangkat ibadah umroh, ternyata tidak semua bisa langsung pergi ke Tanah Suci. Hal ini dikarenakan ada syarat yang harus dipenuhi jamaah umroh, salah satunya usia. Usia yang diperbolehkan sementara adalah 18 sampai 50 tahun.

Selain usia, syarat lain juga harus dipatuhi jamaah yang akan melaksanakan ibadah umroh, misal disiplin menerapkan protokol kesehatan. Saat ini pemerintah masih terus menyelesaikan rancangan keputusan menteri tentang aturan umroh di masa pandemi.

Sampai saat ini jumlah jamaah umroh Indonesia yang sudah mendapat nomer registrasi adalah 59.757 orang. Mereka telah terdaftar di Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) dan Sistem Komputerisasi Pengelolaan Terpadu Umrah dan Haji Khusus (SISKOPATUH). Ada 26.328 jemaah atau 44% dari yang sudah mendapat nomor registrasi berusia 18-50 tahun.

Jamaah yang sudah mendaftar ibadah umroh tapi gagal berangkat akibat kebijakan tersebut sebanyak 2.601 orang atau 4 persen berusia kurang dari 18 tahun dan 30.828 orang atau 52 persen berumur lebih dari 50 tahun.

Jamaah yang sudah memenuhi persyaratan akan diberangkatkan lebih dulu jika Saudi memberi izin. Bagi jamaah yang belum memenuhi syarat keberangkatan umroh 2020 diharap bersabar hingga kondisi lebih baik.

Semoga pandemi Covid 19 segera berakhir dan kegiatan ibadah Haji dan Umroh bisa kembali terlaksana dengan aman, selambat, lancar, barokah. Aamiin.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*