Tips Mencegah Dehidrasi dan Menghalau Rasa Panas Saat Haji

Tips Mencegah Dehidrasi dan Menghalau Rasa Panas Saat Haji

Tips Mencegah Dehidrasi dan Menghalau Rasa Panas Saat Haji

Sudah kita ketahui bahwa suhu di Makkah dan Madinah sangat panas di waktu siang hari.  Untuk beribadah ke Masjid Nabawi Madinah jamaah haji harus jalan beberapa ratus meter. Nah, menjelang salat dzuhur dan ashar biasanya paparan suhu panas berkisar 44-45 derajat celcius sangat terasa. Pada saat akan beraktivitas di Kota Madinah sebaiknya jemaah mempersiapkan perlengkapan dengan komplit, seperti payung, masker, kacamata hitam dan yang terpenting botol air minum.

Jamaah haji bisa melindungi dari terik matahari dengan payung dan kacamata serta masker. Saat kehausan, langsung meneguk air yang dibawa dalam botol sehingga terhindar dari dehidrasi. Seusai salat bisa meneguk kembali air zam-zam yang disediakan di dalam galon yang tersedia di sudut dan dekat pintu-pintu masuk masjid. Dengan banyak minum air zam-zam akan terhindar dehidrasi tubuh.

Air yang dikirim langsung dari Masjidil Haram, Makkah ini disediakan gratis. Siapapun yang haus dipersilakan langsung mengambil gelas plastik sekali pakai dan menuangkan air zam-zam. Botol yang tadinya kosong bisa diisi lagi dengan air zam-zam dan dibawa untuk bekal pulang ke pemondokan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*